MENYIAPKAN KHOTBAH EKSPOSITORI SECARA PRAKTIS 4


BAB IV
MENYIAPKAN KHOTBAH TOPIKAL
Seperti menyiapkan khotbah tekstual, khotbah topikal juga dibagi dalam lima langkah yaitu :

A. Menemukan Topik
Dalam menentukan topik harus diperhatikan kebutuhan jemaat ataupun situasi di mana jemaat itu berada. Mungkin pertama-tama topik yang ditemukan itu bersifat luas, namun topik tersebut harus dipersempit kemudian mencari informasi-informasi yang berkenan dengan topik tersebut. Kita bisa menggunakan berbagai sumber seperti: Alkitab, kamus, ensiklopedia atau yang lainnya.

B Menemukan Teks
1. Tokoh
Siapakah tokoh kita? Bisa dicari namanya, keluarganya, ataupun karakteristiknya. Tak kalah penting perhatikanlah apa yang dilakukan tokoh itu, saat mana atau dimana dilakukan. Setelah itu amati teksnya untuk memperoleh pokok-pokok besarnya sehingga didapatkan ide teks tokoh tersebut. Selanjutnya dalam menyelidiki, lakukanlah penyelidikan yang sudah diuraikan dalam langkah pertama dalam bab III.

2. Doktrin
Nats-nats yang sudah diselidiki berkenan dengan doktrin, disamping konkordansi, perlulah dipertimbangkan dengan buku-buku hand book theology atau buku-buku systematic theology. Hal ini akan memberikan arah yang jelas bagi pengkhotbah untuk menyelidiki teksnya. 

3. Isu/masalah
Bertolak dari masalah yang akan dijawab oleh pengkhotbah, melalui konkordansi pengkhotbah mencari teks-teks yang akan diselidiki. Jawaban dari pertanyaan tersebut harus spesifik untuk memudahkan pencarian teks, penyelidikan dan pembahasan.

C. Memformulasikan Ide Khotbah
Setelah tokoh, doktrin, dan isu beserta natsnya diselidiki, dan kita sudah yakin dengan ide kita, maka kita membuat tujuan khotbah yang rinci dan sesuai dengan ide khotbahnya. Kemudian pengkhotbah bisa membangun ide khotbah sesuai dengan teks untuk memenuhi tujuan khotbahnya.

D. Membuat Struktur
Struktur khotbah hanrus disesuaikan dengan struktur teks tetapi dalam bahasa kekinian. Untuk membuat struktur khotbah, perhatian kembali dalam bab III.

E. Menulis Khotbah dalam Garis Besar
Langkah ini sama persis dengan lima langkah membuat khotbah tekstual : Judul, Pendahuluan, Isi, Kesimpulan. 

Tanggapan Saya :
Sebenarnya langkah yang dibuat cukup jelas, tetapi penjelasan dalam menyelidiki teks untuk khotbah topikal ini (tokoh, doktrin, isu/masalah), kurang dalam pembahasannya.

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © GPdI Tanah Merah. Original Concept and Design by My Blogger Themes